Friday, January 01, 2010

Hobi

Saya senang sekali kalau berbicara mengenai hobi. Hobi saya berubah-ubah seiring dengan perubahan waktu, mungkin tidak seperti anda yang punya hobi tetap.

Saya ingin membagikan cerita mengenai hobi saya dari kecil yang berubah-ubah seiring perubahan usia ini.
Hobi saya ketika masih SD yaitu memelihara binatang, binatang yang pernah saya pelihara yaitu anjing, kucing, berbagai jenis ikan, keriting, siput, unggas dan berbagai jenis burung. Yang ada di rumah saya di kampung saat ini tinggal kucing yang tidak terurus.
Dari kecil sampai SMP, saya juga hobi menanam pohon serta berbagai macam tanaman dan bunga, sayangnya sejak naik SMA, saya tinggal di rumah paman, hobi tersebut telah ditinggalkan. Saat ini, di samping rumah saya di kampung, masih ada tanaman saya yang bisa dimakan buahnya, seperti jambu biji, jambu air, pisang dan mangga. Sedangkan di kebun, ada kelapa, pisang dan coklat yang masih bisa dipetik buahnya hingga sekarang.
Waktu saya tinggal di kampung, saya juga hobi memancing. Paling senang kalau pergi memancing di sungai atau di danau, dan pulang membawa ikan untuk digoreng atau dibakar.
Ada lagi hobi unik saya sewaktu masih tinggal di kampung, yaitu

mengumpulkan batu-batuan yang menyerupai berbagai jenis siput dan kerang-kerangan yang terdapat di sungai. Di sungai di kampung saya, dulu banyak sekali batu-batuan yang bentuknya seperti kerang laut. Seandainya ada orang yang mau menelitinya. Mengapa ada batu yang menyerupai kerang yang sedianya hanya ada di laut? Batu-batu tersebut masih banyak disimpan.

Hobi lain yaitu korespondensi atau surat-menyurat. Awalnya saya tertarik untuk mengirim surat ke artis. Saya ingat, yang pertama kali membalas surat saya, yaitu Almarhumah Nike Ardilla, waktu itu saya masih kelas 2 SMA, kemudian mulailah berdatangan balasan surat dari artis dan foto model. Hobi surat menyurat itu mencapai jaman keemasannya ketika saya semester 5 di perguruan tinggi setelah nama saya dimuat di sebuah buku Teka-Teki silang dan pernah dapat hadiah tiga kali. Waktu itu surat datang per harinya 10 pucuk, bahkan hari minggu Pak pos pasti lembur. Waktu itu pulalah, karena rajin mengirim surat ke media termasuk radio-radio luar negeri yang saya dapat alamatnya di Buku Pintar Senior. Itu pulalah yang menjadi awal saya berkenalan dengan radio SW. Pertama beli radio ketika Radio Jepang yang merupakan radio pertama yang membalas surat saya meminta saya mengirimkan laporan penerimaan siaran.
Hobi korespondensi ini mulai menurun ketika perangko dalam negeri ketika itu naik menjadi Rp.500 kemudian naik terus hingga kini mencapai minimal Rp. 2500. Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi komunikasi, maka muncullah email, dan sms, sehingga korespondensi beralih ke email dan sms.

Ketika saya masih kuliah, Saya juga hobi jogging dan mandi di pantai, tiap hari minggu jogging hingga Pantai Losari. Mandi-mandi di Tanjung Bayam dan di Pulau Lae-Lae. Saat ini jogging tidak pernah lagi, dan mandi-mandinya di pantai pun jarang.

Kemudian hobi saya lagi yaitu mengunjungi tempat atau daerah yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Melihat tempat-tempat atau berbagai macam bangunan, berbagai macam suku bangsa dengan keanekaragaman budaya, dan pemandangan alam mendekatkan diri saya pada Tuhan. Betapa Besar dan Kuasanya Tuhan. Ya, apalagi kalau pergi ke suatu tempat dan mencicipi keanekaragaman masakan, wah sampai lupa kalau makanan itu bisa menyebabkan stroke.
Dan hobi saya yang terakhir yaitu bikin blog. Puas bisa menuangkan pikiran yang bisa dibaca apalagi bermanfaat bagi orang lain. Yang paling menarik, ketika saya mengunjungi blog saya, saya selalu memeriksa siapa-siapa yang terakhir mengunjungi blog saya. Wah suatu hobi yang sangat menyenangkan. Hingga kini, saya punya 6 blog. Selain blog ini, anda juga bisa mengunjungi blog saya yang lain, yaitu:
1. Media Monitoring Club yang saya khususkan untuk klub saya.
2. Keliling Dunia, berisi informasi wisata, transportasi, akomodasi, serta informasi lain yang dapat menjadi pedoman dan bermanfaat untuk anda yang ingin berkeliling dunia.
3. Iklanku Keliling Dunia, saya khususkan untuk pemasangan iklan gratis maupun berbayar,
4. Saudagar Bugis. Blogku yang satu ini khusus berbicara bisnis.
dan ada satu lagi blogku yang belum ada artikelnya yaitu Komunitas Media Monitoring yang sebenarnya kuperuntukkan buat siapa saja yang mau menulis di sana (tapi belum ada yang mendaftar alias berminat, maklum FB dan situs jejaring sosial lainnya lagi menjamur)

Itulah sedikit pengalaman berhobi saya. Bagaimana dengan hobi anda?

0 comments: