Saturday, January 23, 2010

Menjaga Lingkungan Melalui Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Pemerintah Indonesia khususnya pemerintah DKI Jakarta telah lama mencanangkan program uji emisi bagi kendaraan pribadi dan angkutan umum. Program ini bertujuan untuk dapat mengurang tingkat polusi udara di kota-kota di seluruh Indonesia. Namun, pada kenyataannya program ini kuramg bermasyarakat dan mendapat tanggapan dari pengguna kendaraan bermotor. Selain keberadaan hutan kota, program uji emisi ini pantas mendapat dukungan luas dari berbagai lapisan masyarakat. Uji emisi sangat diperlukan untuk menghindari polusi sekaligus demi kebersihan lingkungan udara di seluruh kota di Tanah Air.

Langkah ini merupakan wujud nyata turut mengurangi dampak pemanasan global yang diakibatkan gas buang dari berbagai kendaraan bermotor yang digerakkan bahan bakar fosil. Melihat fakta bahwa kebanyakan kota di Tanah Air, khususnya Jakarta sebagai Ibukota sudah dalam kondisi sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi kesehatan warganya.

Di tengah isu perubahan iklim, sekaranglah saat yang tepat untuk menciptakan lingkungan bersih di seluruh kota di Indonesia.

Kita tak perlu menunggu sampai makin banyak orang mengalami gangguan pernapasan akibat polusi udara yang tidak sehat.
Untuk menerapkan program ini dengan lancar, pemerintah setempat perlu mendorong bengkel swasta untuk mengadakan standar tertentu guna bisa melakukan pengetesan emisi kendaraan bermotor.

Masyarakat pemilik kendaraan bermotor harus sadar untuk melakukan uji emisi secara berkala. Dengan kata lain, seluruh stakeholder -kepolisian lalulintas, kementrian linglungan hidup dan perusahaan-perusahaan automotif diharapkan bersinergi guna menyukseskan program uji emisi demi menjaga lingkungan udara.

Kedepan, pemerintah perlu mempersiapkan bahan bakar alternatif penggganti BBM dari fosil seperti bio-cell atau electric power untuk kendaraan bermotor. Langkah ini penting perlu diupayakan jauh-jauh sebelumnya guna mencipatkan kota-kota sehat. Kota sehat warga sehat!

sumber

0 comments: