Wednesday, July 09, 2008

Kelebihan Browser Firefox 3

Kemarin, seorang teman mengirim sms pada saya, menanyakan tentang kehebatan Browser Firefox 3.
Melalui postingan ini, saya akan memuat sedikit informasi mengenai Firefox 3 dan kelebihannya dibanding dengan pendahulunya, Firefox 2, atau beberapa browser lain yang tidak memiliki fitur yang sama seperti Firefox 3.

Kebetulan saya masih sering menggunakan Internet Explorer jika melakukan browsing, termasuk jika melakukan login ke blog saya. Nanti jika saya menghadapi masalah, misalnya saat menambahkan page elemen ke blog saya, terjadi page error, barulah saya menggunakan Mozilla Firefox, dan ternyata tidak terjadi page error, bahkan jika terjadi page error berulang-ulang di Internet Explorer, maka di Firefox paling hanya sekali saja terjadi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Internet Explorer lebih tua dibandingkan dengan Firefox. Internet Explorer mulai diliris tahun 1995 dan kemudian keluar versi terbarunya Internet Explorer 7 pada tahun 2006. Sedangkan Firefoxnya Mozilla baru diliris tahun 2004 dan versi barunya Mozilla Firefox 3 diresmikan tanggal 17 Juni 2008 lalu.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, Firefox memang sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Internet Explorer, meskipun pada kenyataannya, pengguna Internet Explorer menurut data April tahun 2008, jauh lebih banyak, yaitu 74,83%, sedangkan Firefox yang menempati urutan ke-2, hanya sekitar 17,76%) (sumber: Wikipedia), dan saya sendiri masih lebih sering pakai Internet Explorer.

Beberapa kelebihan Firefox versi 3, antara lain:
- tampilan yang lebih bagus dengan Location Bar,
- URL history yang lebih lengkap,
- browsing lebih cepat,
- fitur one-click bookmarking (penanda),
- keamanan yang sangat diprioritaskan, termasuk proteksi dari Malware, juga keamanan dalam hal login ke account pribadi kita (email, blog, data keuangan, dll.)
- dapat memperbesar ukuran teks, dan
- tidak memerlukan utilities processos tinggi.

Itu saja mengenai kelebihan Firefox versi 3 yang saya ketahui.

Sekalian, selamat atas diluncurkannya Mozilla Firefox versi 3, semoga kecepatan, kenyamanan dan keamanan dalam berinternet bisa lebih baik.

0 comments: