Sunday, July 27, 2008

Bob Julius Onggo: Google is My Salesman, Kaya Lewat Google, Membuat "Buyers" dan Uang Mengejar Anda

Awal bulan Mei 2008 lalu, saya melihat pengumuman mengenai seminar internet marketing yang di bawakan oleh Bapak Bob Julius Onggo, yang salah satu bukunya "Google Preneur: Kaya Lewat Google" pernah saya beli.
Bukan karena bukunya yang membuat saya tertarik, tapi karena waktu pertama kali saya mengikuti program Adsense dan belajar blogging, saya pernah mengirim email kepada beliau, waktu itu saya tanyakan apakah penempatan adsense saya sudah benar dan bagaimana caranya Google bisa tahu kalau kita mengklik iklan sendiri. Waktu itu Pak Bob hanya menjawab, bahwa penempatan Adsense tidak ada kaitannya dengan kaya lewat Google, dan jangan mimpi kaya lewat Adsense kalau web/blog anda tidak bertengger di halaman pertama mesin pencarian.
Jawaban itu betul mengecewakan saya. Untuk itu saya mendaftar ikut seminar pada tanggal 9 Mei 2008 lalu).

Tanggal 26 Juli 2008, seminar sehari itupun dilaksanakan di Mall Panakkukang Lt. 2(ex. Score), yang berlangsung dengan lancar yang diikuti oleh sekitar 80 orang peserta.

Senang sekali bisa ikut seminar, berkenalan dengan Pak Bob dan foto bersama, dan yang terpenting adalah saya bisa membagikan beberapa tips dan materi yang sempat saya catat yang kalau ada yang beda, itu menurut versi saya.

Kalau anda ingin berhasil dalam suatu usaha, maka bukalah usaha yang sesuai dengan minat dan hobi anda. Sering kali kita melihat orang gagal dalam suatu usaha padahal antara usaha dengan latar belakang pendidikan relevan. Mengapa? Karena pada saat memilih jurusan tidak sesuai dengan minat atau keinginannya.

Jika anda sudah punya usaha, atau produk. Bagaimana supaya bisa sukses dalam internet marketing, yaitu produk/web anda muncul di halaman pertama mesin pencarian dengan deskripsi yang menarik yang dapat mengundang orang untuk mengkliknya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin produk/web anda muncul di halaman pertama mesin pencari, antara lain:
- Tuliskan frase/keyword tentang produk anda di bagian atas halaman web anda (Title Tag), bukan menuliskan ucapan selamat datang.
- Tempatkan frase/keyword pada bagian deskripsi web anda
- usahakan frase/keyword ada di Heading (judul konten), Subheading, dan CSS, serta body text.
- Jangan menuliskan frase/keyword terlalu banyak dalam body text yang melebihi 10%.
- Domain anda harus populer.
- Web anda mendapatkan link dari luar yang relevan dengan tema web anda. Domain web tersebut harus lebih tinggi link popularitasnya atau page ranknya dibandingkan web anda. Untuk mengecek link popularitas, dapat dilakukan di www.linkpopularity.com
- Jangan melisting di halaman yang berisi barteran link yang disebut Link Farms, karena Google hanya melihat hubungan antar-link dari situs web yang relevan. Jadi bila terdeteksi oleh Google, anda mendapatkan link dari halaman web yang berisi banyak link yang menyebar ke berbagai web yang tidak saling relevan, web anda tidak akan diperhitungkan sebagai nominasi, apalagi jika anda menaruh link timbal balik, maka hal itu justru akan mengurangi rating anda.
- Rajin-rajinlah mengupdate isi web anda, karena Google loves content, semakin gemuk isi web anda akan semakin disukai oleh Google.
- Sebaiknya satu web berisi satu tema, agar spider Google tidak bingung menentukan topik yang tepat untuk web anda.
- Isilah web anda tidak hanya produk-produk, tapi juga news, tips-tips dan lain-lain yang bermanfaat bagi pengunjung.

Hal-hal yang perlu dihindari agar web kita tidak dibenci oleh mesin pencari:
- Penggunaan keyword yang tidak sesuai dengan produk anda,
- Terlalu banyak keyword di Meta Tag,
- penggunaan frase/keyword yang berulang-ulang,
- Membuat konten kembar dan meletakkannya di sejumlah halaman web.
- Membuat sekelompok web yang sama namun menaruhnya di hosting yang berbeda dengan nama domain yang berbeda pula.
- Menyembunyikan keyword dengan menyamakan warna teks dengan warna latar belakang,
- Halaman web yang hanya berisi gambar dan animasi sehingga google tidak bisa masuk,
- Menggunakan page cloaking, yaitu dengan mengkatalogkan alamat IP seluruh spider beberapa situs pencari sehingga pada saat situs pencari memanggil data web anda yang ada dalam indeks databasenya, alamat IP-nya akan langsung dikenali dan ditampilkan di halaman pertama.
- Menggunakan program Automatic Submission,
- Berbagi alamat IP dengan situs yang diblacklist oleh Google.
- menggunakan server yang sering down

saran:
- tidak usah mendaftarkan banyak halaman web perhari karena Google akan menemukannya sendiri,
- tidak usah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menempatkan web ke halaman pertama mesin pencari, biarkanlah web anda terindeks dengan alami, yang penting anda mengikuti tips-tips di atas.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi kita semua.

0 comments: