Thursday, July 16, 2009

Peluang Bisnis: Jasa Terjemahan/Translate.

Pada postingan saya yang lalu, saya mengangkat topik mengenai peluang bisnis yang membutuhkan cukup banyak modal.
Kali ini, mari kita melirik Bisnis Jasa Terjemahan.
Kalau bisnis ini tidak membutuhkan modal banyak, maka bisnis ini butuh modal kemampuan berbahasa asing, misalnya Inggris, Jerman, Prancis, Arab, Jepang, Mandarin, dan sebagainya. Jika kita mampu menguasai salah satu bahasa di atas, maka anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini.
Modal lain yang bisa anda siapkan antara lain

komputer 1 unit Rp. 3-4 juta, printer 1 unit Rp. 500 ribu-1 juta, kertas dan kamus sebagai pelengkap. Kalau anda biasa online, anda juga bisa memanfaatkan layanan terjemahan online kalau anda tidak terlalu menguasai Bahasa asing.

Untuk harga setiap terjemahan, tergantung anda. Anda bisa tetapkan sendiri. Kalau saya, biasanya untuk pelajar (SD-SMA) saya memasang harga Rp. 5 ribu per halaman, sedangkan untuk mahasiswa, tergantung tingkat kesulitannya antara Rp. 5-10 ribu, sedangkan dosen Rp. 10 ribu. Anda juga bisa membidik penerbit maupun perusahaan untuk menggunakan jasa terjemahan anda. Jika anda dapat menerima job dari penerbit, maka keuntungannya anda dapat membaca buku yang belum dibaca oleh orang lain (menjadi pembaca pertama) sebelum diterbitkan.

Supaya anda mendapat banyak orderan, jangan lupa mengiklankan bisnis anda ini di media cetak maupun elektronik. Anda juga bisa mengiklankan bisnis anda di blog ini. Semoga berhasil.

2 comments:

Referensi lagi, terimakasih atas infonya.

Q11901: Semoga bermanfaat sob