Sunday, July 05, 2009

Bakar Sampah dan Kebakaran

Menjelang pulang dari berlibur di kampung, kami dikejutkan dengan kebakaran yang terjadi di rumah tetangga. Asalnya dari pembakaran sampah di samping rumahnya yang entah bagaimana apinya bisa masuk dan melahap kasur, dinding dan sofa.
Sebenarnya, semua penghuni rumah ada, tapi karena apinya mungkin terbesik masuk di rumah dan mengenai kamar, sehingga yang punya rumah tidak melihatnya. Untung ada istri salah satu warga yang mau beli pisang di rumah, tapi karena keasyikan menelpon sehingga melewati jalanan ke rumah dan sampai di tempat kejadian dan melihat rumah berasap.

Api, dikala dia kecil menjadi sahabat, tapi jika sudah besar, dia bisa menjadi musuh. Api, juga sebagai penyampai teguran, peringatan dan bahkan bisa menjadi bala tentara Tuhan untuk memusnahkan sesuatu yang ada menjadi habis dalam sekejap, dan api merupakan bahan penyiksa di neraka.

Kali ini, api mungkin masih datang sebagai pemberi "nasehat", karena rumah dan kampung masih selamat dari amukan api. Tuhan masih sayang....

Dari pengalaman ini, mungkin dapat menjadi pelajaran bagi kita. Kalau membakar sampah, jangan membiarkan api membumbung tinggi atau apinya terbang, membakar sampah harus selalu dijaga. Meskipun tidak ada yang bisa melawan kuasa Tuhan, kalau api itu hendak merusak, tapi setidaknya kita sudah berusaha menghindari terjadinya kebakaran.

5 comments:

dimana2 selalu aja kebakaran dan jelas merugikan kita semua, penyebab selalu saja lilin, lampu teplok, konslet listrik...lalu apa solusinya?? tak ada dengar pembahasannya...atau memang saya tak tahu? entahlah sobat.

Emangnya Ga Ad TPS mas, selain bahaya, asapny jg bikin polusi.

@Patahati: Penyebab kebakaran kebanyakan hal sepele, kelalaian atau masa bodoh, lilin yang ditempatkan sembarang lalu lupa dimatikan, kabel listrik yang sudah puluhan tahun mestinya diganti tapi tetap saja dipakai, dsb. Namun semua itu juga kehendak Tuhan yang kadang hal sepele yang tak pernah dibayangkan akan menjadi bahaya.
@Baru Tahu:Di kampung saya mana ada TPS Mas, itu masih mending, banyak orang justru membuang sampah di sungai yang menyebabkan pencemaran sungai dan Danau Tempe yang ada di hilir. Mungkin pemerintah setempat memang perlu mengadakan TPS.

Makasih udah berbagi cerita, memang benar beberapa kejadian kebakaran terjadi karena hal yang tak terduga.. dalam kasus ini karena membakar sampah.. thx sob... saya akan hati2x juga deh... ^^

Pandu: Mudah-mudahan cerita ini menjadi pelajaran bagi kita semua