Tuesday, December 15, 2009

Rumah Sehat dan Nyaman tanpa Kipas Angin dan AC


Rumah Sehat dan Nyaman tanpa Kipas Angin dan AC: "Di desa, apalagi rumah panggung, tanpa kipas angin atau AC mungkin tidak masalah, apalagi kalau model rumahnya mengikuti model rumah panggung orang Bugis yang banyak jendelanya. Tapi, di kota besar, dimana halaman rumah saja kadang tidak tersisa karena padatnya bangunan dan sempitnya lahan, maka kemungkinan besar jendela rumah tidak ada sama sekali, sehingga tanpa menggunakan kipas angin atau AC mungkin penghuninya akan merasa teroven apalagi kalau suhu udara lagi panas. Nah, agar rumah tetap sehat dan nyaman tanpa menggunakan kipas angin atau AC, saya tertarik dengan desain rumah yang menggunakan roof fan yag berputar sendiri tanpa menggunakan listrik. Disamping hemat energi, ramah lingkungan, saya yakin ini lebih sehat dan nyaman dibandingkan meggunakan kipas angin atau AC."

Tambahan : roof fan modelnya macam-macam, tapi fungsinya hampir sama, yaitu menghisap udara panas, debu, juga membantu sirkualsi udara. Cara kerja roof fan yang model Turbin Ventilator seperti yang ada di blog ini, yaitu alat ini berputar dengan memanfaatkan adanya tembusan angin dan perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan. Udara panas akan naik ke atas dan akan menekan ke luar melalui sirip.

Ide ini dikirim untuk Holcim Healthy House Challenge.
Teman-teman, voting dong ideku ini. Caranya: Klik link ini, kemudian klik VOTE yang bergambar rumah di sebelah kanan judul ide saya.

0 comments: