Friday, June 12, 2009

Sonic Boom



Gambar: Ilustrasi gelombang kejut (shock wave) yang juga diistilahkan sebagai sonic boom


Kemarin sore warga kota Makassar dikejutkan oleh suara ledakan keras, seperti suara tabung gas yang meledak. kami sekeluarga saat itu sempat panik, soalnya ledakan itu sangat dekat kedengarannya, bahkan lantai rumah ikut bergetar. Segera saya memeriksa rumah dan naik ke loteng untuk melihat-lihat keadaan sekitar. Apa gerangan yang terjadi? Di sebelah timur rumah memang ada asap, tapi saya pikir, "kalau kebakaran biasanya asapnya warna hitam. Ini asapnya kok warna putih."
Sore harinya, saya mendapat informasi yang simpang siur, ada yang mengatakan, ada tabung las karbit meledak, dan ada lagi yang mengatakan ada tower BTS (milik salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar) meledak. Mana yang benar? Menurut Informasi yang bisa dipercaya

Jumat, 12 Juni 2009 | 00:21 WITA

Suara ledakan yang terjadi di Makassar, Kamis (11/6), sekitar pukul 17.30 sore berasal dari apa yang disebut sebagai sonic boom, yaitu gelegar yang timbul dari mesin jet supersonic disertai gelombang udara yang kuat.

Sumber resmi di Lanud Hasanuddin mengakui, sekitar pukul 17.30, pesawat tempur Sukhoi terbang di atas Makassar untuk menjalani latiha rutin. Saat itulah Sukhoi mengeluarkan sonic boom yang mengejutkan warga Makassar.

Sonic boom biasanya muncul ketika terjadi peningkatan kecepatan secara mendadak, dari kecepatan pesawat rata-rata menjadi kecepatan sepertiga kecepatan suara.

Letupan mesin jet supersonic yang membahana menciptakan suara seperti ledakan. Lalu disertai getaran akibat gelombang udara. Gelombang udara itu muncul akibat entakan tubuh dan daya dorong mesin.
(Sumber: Tribun Timur)

4 comments:

Kirain Bom beneran om, Untung ga mebahayakan. Yang naik pesawat dan warga.

Wisata seo sadau: Kalau kami, kirain gas meledak. Suaranya saja sudah mengagetkan, bagaimana kalau dipakai perang beneran ya