Friday, September 05, 2008

Deutsche Welle: Kompetisi Blogging Internasional (The BOBs)



Tadi malam, sekitar pukul 22.00 WITA, saya menerima telepon dari Pak Yuniman Farid dan Mbak Ayu Purwaningsih dari seksi Bahasa Indonesia Deutsche Welle. Perbincangan kami mengenai aktifitas ngeblog (Bincang-bincangnya bisa didengarkan pada acara Halo Pendengar tanggal 7 September 2008 mendatang.



Saya sebenarnya masih blogger balita. Baru belajar ngeblog akhir Maret 2008 lalu, atas usulan Mas Imam Tarsis agar Media Monitoring Club punya Website atau minimal Blog gratisan. Berangkat dari situlah saya mencoba belajar sendiri membuat blog baik melalui buku maupun lewat tutorial di internet.

Sayang, wawancara singkat itu saya rasa kurang oke. Maklum, saya hanya blogger biasa yang biasanya menulis dengan konsep, alias tak terbiasa dengan wawancara (he..he..).

Pembicaraan yang sempat saya ingat, mengenai apa manfaat ngeblog. Oke, karena baru sempat dipikir, manfaat ngeblog bagi diri saya sendiri antara lain:
1. Dengan ngeblog, saya mendapatkan banyak sahabat, baik melalui komunitas blogger maupun melalui blogwalking, serta sahabat yang berkunjung ke blog saya, sehingga kami dapat bertukar ilmu dan pengalaman.
2. Blog sebagai ungkapan perasaan yang mendalam, sehingga semua uneg-uneg yang bakal menjadi penyakit jika tidak terlampiaskan.
3. Sebagai sarana untuk mempublikasikan tulisan-tulisan saya yang bisa dibaca oleh semua orang, dan menjadi kesempatan untuk dikenal lebih banyak orang. Maklum, pengen jadi wartawan atau editor media cetak, tapi ilmu dan kemampuan mungkin belum sampai ke sana. Sehingga dengan blog ini, menjadi proses pembelajaran bagi saya untuk menjadi menulis.
4. Dalam bincang-bincang itu saya katakan, dengan ngeblog maka kita akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan atau menambah wawasan yaitu melalui blog walking ke berbagai blog yang mengangkat tema dari berbagai segi kehidupan manusia.
5. Melalui blog juga, menjadi peluang usaha bagi saya, baik melalui iklan, pesanan untuk membuat blog, dan banyak lagi peluang yang akan muncul.

Saya kira melalui pengalaman ngeblog, setiap orang mendapatkan manfaat dari ngeblog yang beraneka ragam.

Sempat juga ditanyakan bagaimana caranya saya mengatur waktu dengan adanya hobi baru saya ini. Ya, saya jawab aja, karena saya ini bukan blogger full time, maka ide untuk menulis itu dituangkan kapan aja. (sebenarnya lewat HP pun kita bisa menulis blog kok, walaupun sambil menunggu barang dagangan yang sepi alias nggak laris-laris.

Sehubungan dengan perbincangan singkat mengenai blog itu, menurut informasi dari Pak Yuniman dan Mbak Ayu, Deutsche Welle mengadakan Ajang Kompetisi Blogging tingkat internasional yang dikenal dengan The BOBs.
Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di sini atau melalui banner di samping. Anda juga dapat mendukung blog ini dengan memberikan voting di sini.

Jangan lupa, buat teman-teman Blogger, ikut berpartisipasi ya, karena tahun ini merupakan tahun pertama Bahasa Indonesia dimasukkan dalam salah satu bahasa yang mendukung kompetisi ini.

UPDATE:
Beberapa pengunjung kami menanyakan alamatDeutsche Welle Siaran Indonesia.
Alamat Deutsche Welle siaran Indonesia:
Tromol Pos 1128 Jakarta 10011 Indonesia
atau
53110 Bonn Deutschland (diupdate pada 21 Oktober 2008)

0 comments: