Thursday, August 07, 2008

Selamat Ulang Tahun Radio Taiwan International ke-80

Radio Taiwan International (RTI) tahun ini mempunyai dua alasan untuk bersyukur, yaitu karena tahun ini merupakan ulang tahun RTI ke-80, dan 10 tahun sejak perubahan sistem keorganisasian RTI. Perlu untuk mengadakan kilas balik dan optimis menghadapi masa depan bagi radio gelombang pendek RTI di tengah-tengah kemajuan teknologi informasi, apalagi beberapa stasiun radio SW telah memangkas seksi bahasanya, bahkan ada yang sudah gulung antena.


RTI telah berusaha menyajikan acara-acara yang informatif dan menarik untuk pendengar yang ada di Indonesia maupun Tenaga Kerja Indonesia di Taiwan yang jumlahnya melebihi setengah jumlah Tenaga Kerja Asing di Taiwan.

Minat dan perhatian para pendengar terhadap RTI terutama siaran Bahasa Indonesia sangat besar, terbukti dengan banyaknya surat maupun email yang masuk, baik dari Indonesia, Taiwan maupun belahan dunia lainnya, dan calling dari teman-teman di Taiwan. Apalagi sejak lama antara kedua negara kita telah menjalin hubungan persahabatan yang erat, salah satunya dengan pengiriman tenaga kerja ke Taiwan.

Mengikuti perkembangan di Indonesia, dan menyampaikan gambaran tentang Taiwan kepada para pendengar di Indonesia, memberikan informasi penting dan hiburan bagi Tenaga Kerja Indonesia di Taiwan, bahkan menjadi jembatan komunikasi bagi Tenaga Kerja Indonesia yang ada di Taiwan dengan keluarga mereka yang ada di tanah air merupakan suatu tugas yang mulia.

Saya salut dan angkat jempol untuk RTI seksi Bahasa Indonesia, yang dengan sedikit personil, mampu bertahan, dan melakukan tugas dengan penuh semangat.

Selamat ulang tahun yang ke-80, semoga tetap eksis di tengah-tengah pendengar yang tersebar di Indonesia, Taiwan dan seluruh dunia.

(Tulisan ini juga dapat dibaca di website Media Monitoring Club).

0 comments: