Saturday, November 15, 2008

Kesehatan: 25 Manfaat Teh Hijau

Judul Artikel di atas mungkin tidak asing bagi anda. Tapi karena beberapa waktu yang lalu, ketika saya sakit, saya berniat untuk membuat artikel kesehatan. Kesehatan memang dirasakan sangat berharga ketika kita mengalami atau jatuh sakit. Untuk itu, marilah kita menjaga kesehatan kita agar kita dapat menjalankan aktifitas keseharian kita dengan sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa manfaat teh hijau seperti yang saya baca di Majalah Mahjubah kiriman IRIB beberapa waktu yang lalu.

Teh hijau menjadi minuman yang sangat populer di seluruh dunia karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan. Manfaat teh hijau bagi kesehatan benar-benar sangat menakjubkan.

Ada 25 alasan mengapa anda perlu minum teh hijau mulai dari sekarang:



1. Teh hijau dan kanker.
Teh hijau membantu mengurangi resiko penyakit kanker. Antioksidan dalam teh hijau 100 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin C dan 25 kali lebih baik dari vitamin E. Ini akan membantu tubuh anda melindungi sel-sel dari kerusakan yang terkait dengan penyakit kanker.

2. Teh hijau dan penyakit jantung.
Teh hijau membantu mencegah penyakit hati dan stroke dengan menurunkan kolesterol.
Namun jika penyakit jantung sudah menyerang anda, maka teh hijau akan mencegah kematian sel dan mempercepat pemulihan sel-sel jantung.

3. Teh hijau dan penuaan dini.
Teh hijau mengandung antioksidan yang dinamakan polyphenol yang melawan radikal bebas. Hal ini berarti membantu anda melawan penuaan dini dan menjadikan anda berumur panjang.

4. Teh hijau dan penurunan berat badan.
Teh hijau membantu mengurangi berat badan anda. Teh hijau membakar lemak dan secara alami meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membantu anda membakar hingga 70 kalori dalam waktu hanya satu hari. Itu sama dengan 7 pound dalam setahun.

5. Teh hijau dan kulit.
Antioksidan dalam teh hijau melindungi kulit dari efek radikal bebas, yang menyebabkan keriput dan penuaan kulit. Teh hijau juga membantu melawan penyakit kanker kulit.

6. Teh hijau dan arthritis.
Teh hijau membantu mencegah dan mengurangi resiko rematik tulang. Teh hijau bermanfaat bagi kesehatan dengan melindungi tulang rawan dengan mencegah enzim yang merusak tulang rawan.

7. Teh hijau dan tulang.
Kandungan fluoride yang cukup tinggi pada teh hijau membantu menjaga kekuatan tulang. Jika anda minum teh hijau setiap hari, akan membantu mempertahankan massa tulang.

8. Teh hijau dan kolesterol.
Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Juga meningkatkan kolesterol baik dengan mengurangi kolesterol jahat.

9. Teh hijau dan kegemukan.
Teh hijau mencegah kegemukan dengan menghentikan pergerakan glukosa ke dalam sel gemuk. Jika anda melakukan diet sehat, latihan secara teratur, dan minum teh hijau, maka kecil kemungkinan anda mengalami kegemukan.

10. Teh hijau dan diabetes.
Teh hijau meningkatkan metabolisme lipid dan glukosa, mencegah meningkatnya kadar gula darah, dan menyeimbangkan metabolisme.

11. Teh hijau dan Alzheimer.
Teh hijau membantu meningkatkan daya ingat anda. Meskipun belum ada obat untuk alzheimer, tapi membantu memperlambat proses pengurangan acetylcholine dalam otak yang menimbulkan alzheimer.

12. Teh hijau dan parkinson.
Antioksidan dalam teh hijau membantu mencegah kerusakan sel otak, yang dapat menyebabkan parkinson. Orang yang minum teh hijau juga kecil kemungkinan terkena penyakit parkinson.

13. Teh hijau dan penyakit lever.
Teh hijau membantu mencegah kegagalan transplantasi padi orang yang mengalami kegagalan lever. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memusnahkan efek radikal bebas dalam lemak lever.

14. Teh hijau dan tekanan darah tinggi.
Teh hijau mencegah tekanan darah tinggi. Minum teh hijau membantu menurunkan tekanan darah dengan menekan angiotensin, yang berperan dalam peningkatan tekanan darah.

15. Teh hijau dan keracunan makanan.
Catechin yang terdapat dalam teh hijau dapat membunuh bakteri penyebab keracunan makanan dan membunuh toksin yang diproduksi oleh bakteri tersebut.

16. Teh hijau dan gula darah.
Gula darah cenderung meningkat seiring dengan pertambahan usia, tetapi polyphenol dan polysaccharide dalam teh hijau membantu menurunkan kadar gula darah.

17. Teh hijau dan kekebalan.
Polyphenol dan flavenoid yang terdapat dalam teh hijau membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat anda lebih kuat melawan infeksi.

18. Teh hijau dan flu.
Teh hijau mencegah anda dari flu. Vitamin C dalam teh hijau membantu menyembuhkan flu.

19. Teh hijau dan asma.
Ophylline dalam teh hijau merenggangkan otot yang berhubungan dengan pembuluh tenggorokan, mengurangi asma akut.

20. Teh hijau dan infeksi telinga.
Teh hijau membantu masalah infeksi telinga. Untuk membersihkan telinga dengan alami, basahi kapas dengan teh hijau dan bersihkan telinga yang infeksi.

21. Teh hijau dan herpes.
Teh hijau membantu pengobatan penyakit herpes. Sebelum diobati, kompres dengan teh hijau kemudian biarkan kulit mengering sebelum diobati.

22. Teh hijau dan gigi yang membusuk.
Teh hijau membantu membunuh virus penyebab berbagai macam penyakit gigi. Juga menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

23. Teh hijau dan stress.
L-theanine, yang merupakan jenis asam animo yang terdapat dalam teh hijau dapat membantu meringankan stress dan keresahan.

24. Teh hijau dan alergi.
EGCG yang terdapat dalam teh hijau mengurangi alergi. Jadi, jika anda alergi, sebaiknya minum teh hijau.

25. Teh hijau dan HIV.
Ilmuwan Jepang menemukan bahwa EGCG (Epigallocatechin Gallate) dalam teh hijau dapat menghentikan HIV mengikat sel-sel kekebalan tubuh. Ini berarti teh hijau dapat membantu menghentikan penyebaran virus HIV.


Itulah 25 manfaat teh hijau yang saya kira apabila teman-teman telah membaca artikel ini, akan mendorong untuk memulai minum teh hijau.

2 comments:

Salam Hormat,

Perkenalkan, saya Endy. Kebetulan saya menguasai sebuah teknik yang diberi nama SEFT (Singkatan dari Spiritual Emotional Freedom Technique). Teknik ini saya pelajari dari penemu dan pendiri SEFT, yaitu Ahmad Faiz Zainuddin. Beliau sekarang terus mengembangkan Teknik SEFT. Untuk itu ia mendirikan LoGOS Institute ( www.LoGOS.co.id ). Dengan semangat : Try it on everything ... Maka Insyaalloh Teknik SEFT ini juga bisa digunakan seseorang untuk menurunkan atau meningkatkan berat badannya.

Jadi bagi siapapun yang mengalami kasus ini, silahkan saja datang ke LoGOS Institute. Setiap hari Minggu (jam 10:00 - 13:00) ada Preview Gratis mengenai SEFT ini. Bisa langsung coba terapinya juga. Jangan kuatir. Free of Charge. Syaratnya, Anda tinggal ketik NAMA ANDA kemudian kirimkan ke SMS Center LoGOS Institute di 081807788120. dan langsung datang di Hari Minggunya dengan Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 24 Kavling K. Jakarta Timur. Telp. 021-86605151 ext 0. Penjelasan mengenai SEFT juga bisa dilihat di http://LOGOSSEFT.Blogspot.com
Semoga Informasi Ini Bermanfaat
Salam Sejahtera
Wassalam Wr. Wb.,

Endy Fatah Joesoef
http://logosseft.blogspot.com/
Hp. 0818991915