Friday, August 21, 2009

Makna Ibadah Puasa

Saya Sekeluarga mengucapkan Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1430 Hijriah.
Semoga Amal Ibadah kita selama bulan yang suci ini diterima di sisi Allah SWT.

Makna ibadah puasa bagi saya ada 2, yang pertama mengistirahatkan organ pencernaan yang selama 11 bulan bekerja terus, dengan adanya waktu istirahat seperti ini sama halnya dengan maintenance pada mesin-mesin pabrik. Pada pembangkit listrik, mesin-mesin listrik yang digunakan silih berganti seperti karyawan toko yang punya waktu shift. Kalau mesin pabrik digunakan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, maka umur mesin itu akan menjadi pendek, begitu juga dengan organ pencernaan manusia yang begitu sangat peka, tidak sama seperti organ pencernaan binatang. Contoh kecil, manusia hanya salah makan atau minum saja bisa menyebabkan sakit perut. Tapi, bebek, yang setiap hari mengais makan di comberan, tidak pernah sakit perut atau infeksi saluran pencernaan. Itulah sebabnya organ pencernaan manusia perlu diistirahatkan dengan berpuasa agar menjadi tetap sehat.
Makna kedua bagi orang berpuasa, agar orang kaya dapat merasakan penderitaan orang miskin, agar mereka tahu bagaimana sih jadi miskin itu, makan sehari, ngga makan 2 hari. Sebaliknya, bagi orang miskin, dengan berpuasa mereka tak lagi memikirkan tentang apa lagi yang bisa kita makan? Kan lucu kalau sudah miskin tak mau lagi berpuasa, bahkan menambah utang buat beli makanan. Sudah miskin tambah dosa lagi.

3 comments:

selamat menantikan saur mas...

saatnya silaturahmi.... yuk pake i....3
hehehe
met menunaikan ibadah puasa mas, bingung mo beli baju lebaran nih...

@Defchania: Selamat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

@Shevy:Salam silaturrahmi. Ngga usah bingung, baju lebaran itu nomor 2, yang penting kita dapat mengisi bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya, lagian lebaran masih lama kok