Friday, December 19, 2008

Mencegah Penyakit Jantung

Akhir-akhir ini penyakit jantung menjadi penyakit yang banyak merenggut nyawa manusia. Bahkan dikatakan penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia dengan angka kematian pertahun sebesar 12 juta jiwa. Mungkin teman-teman ada yang ingin mendapatkan referensi mengenai penyakit jantung dan bagaimana mencegahnya.

Berikut cuplikan dari sebuah majalah, Mahjubah kiriman IRIB:

Jantung merupakan organ tubuh yang mungkin paling kerja keras di dalam tubuh kita, memompa 4 sampai 5 liter darah setiap menit sewaktu kita istirahat. Pasokan makanan bergizi dan oksigen yang cukup sangat diperlukan oleh semua organ tubuh kita termasuk jantung.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pasokan darah ke jantung mengalami hambatan di dalam pembuluh arteri koroner.
Biasanya penyakit jantung koroner menyerang pria usia 45 tahun ke atas dan wanita usia 55 tahun ke atas, yang bisa disebabkan oleh antara lain:
- kolesterol (LDL) tinggi yang berasal dari makanan terutama makanan yang mengandung lemak hewan dan produk makanan daging.
- merokok,
- tekanan darah tinggi,
- diabetes,
- kegemukan (kelebihan berat badan 10-30% dari berat badan normal). Kegemukan berpeluang 2-6 kali lipat terkena resiko penyakit jantung,
- alkohol,
- kurang gerak atau olah raga.
Selain itu, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti urbanisasi dan perubahan pola hidup yang tiba-tiba.

Penyakit jantung koroner tidak berlangsung lama, biasanya penderita mengalami sakit pada dada, atau kematian organ jantung, atau kegagalan jantung, dan terkadang tiba-tiba meninggal.

Dengan mengetahui sumber penyebab penyakit jantung koroner tersebut, maka diharapkan kita dapat melakukan pencegahan sedini mungkin.

Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments: