Thursday, May 08, 2008

MEMILIH NAMA

Memilih Nama: Kadang kala kita mendengar orang mengatakan "Apalah artinya sebuah nama". Nama merupakan identitas. Dengan menyebut nama, maka orang dapat membedakan si A atau si B. Nama juga merupakan doa bagi si empunya nama, karena kalau orang menyebut namanya, berarti mendoakannya sesuai dengan maksud namanya. Menurut sebagian kepercayaan, nama juga memberikan dampak bagi si empunya. Katanya, kalau nama tidak cocok dengan si empunya, itu bisa menyebabkan yang punya nama sakit-sakitan. Itulah sebabnya ketika kecil, saya beberapa kali diganti nama. Mulai dari Baco (nama ini diberikan oleh orang Bugis ketika seorang bayi lahir namun orang tuanya belum menemukan nama yang sesuai), kemudian diberilah saya nama Mastudin, Lammase, Ummase (nama salah seorang Raja Bone), dan kemudian menjadi Summase. Adapun tambahan A. Sanjaya itu mempunyai latar belakang yang saya kira tidak semua orang boleh mengetahuinya.
Sayang sekali yang memberikan nama pada saya sudah meninggal, sehingga saya sendiri tidak tahu arti dari nama saya.

Kembali kepada nama, nama juga katanya akan membentuk karakter/ kepribadian bagi yang punya nama (mungkin perlu penelitian lebih lanjut tentang yang satu ini). Dan katanya orang-orang di hari kemudian akan dipanggil mulai dari nama yang paling bagus. Jadi yang namanya jelek, sabar antrian ya. He...he...

Untuk itu, berilah nama anak anda sebaik-baiknya nama.

0 comments: