Sunday, May 11, 2008

2 TAHUN PERNIKAHAN

Dalam kehidupan sehari-hari kadangkala ada perbuatan kita yang dapat membuat hati pasangan kita terluka sehingga menyebabkan retaknya hubungan.
Berikut ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membangun mahligai rumah tangga agar tidak retak:
1. Dengarkan pasangan anda. Dengarkan apabila dia bicara. Jangan memotong pembicaraan walaupun anda tidak setuju apa yang dikatakannya. Kalaupun anda tidak setuju apa yang dikatakannya, nanti setelah selesai berbicara barulah anda memberi respon terhadap apa yang dia katakan. Intinya, jadilah pendengar setia terhadap perkataan ataupun curahan perasaan pasangan anda.
2. Hargai pendapat, pemikiran, maupun keinginan pasangan anda.
3. Sekali-kali anda menanyakan pada pasangan anda mengenai perasaannya terhadap anda, dan juga bagaimana perkembangan hubungan anda terhadapnya. Ketahuilah bahwa pemikiran, perasaan, dan keinginan seseorang berubah-ubah dari waktu ke waktu.
4. Hargai pasangan anda, baik ketika sendiri, apalagi di depan orang banyak. Menjatuhkan pasangan anda di depan orang lain bisa berakibat fatal.
5. Perlakukan pasangan anda selayaknya, karena anda mempunyai hak, tanggung jawab dan kedudukan yang sama dalam hal hubungan suami istri, meskipun anda berasal dari golongan bangsawan, lebih banyak harta, dan lebih berpangkat. Pasangan anda adalah pendamping anda, bukan budak, ataupun bawahan anda.
6. Suami dan istri wajib memenuhi kebutuhan pasangan sesuai dengan kewajiban dan haknya masing-masing.
7. Hal paling penting yaitu kejujuran dan kesopanan terhadap pasangan anda. Janganlah sekali-kali berdusta, kecuali berbohong demi kebaikan hubungan dengan pasangan anda, demikian pula kesopanan harus tetap dijaga. Bedakan antara bersenda gurau dengan berlaku kurang ajar.
8. Pemberian maaf merupakan tindakan yang bijaksana, tetapi meminta maaf merupakan tindakan yang mulia.

Itulah delapan poin yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 comments: