Saturday, November 07, 2009

Cara Memperoleh Uang dari Blog

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah menerima email dari seseorang yang judulnya Cara Memulai Bisnis Online dari Nol. Berbicara mengenai bisnis online, sebenarnya banyak sekali cakupannya, namun yang akan dibahas di sini yaitu bagaimana mendapatkan uang dari blog.

Sebelum memulai bisnis online dengan blog, yang harus kita lakukan adalah:



1. Mendaftar/membuat Email sebagai syarat untuk membuat blog atau social network seperti Blogspot, friendster. Contohnya membuat email di Yahoo, Gmail, dll.
2. Membuat blog, bisa blog gratisan atau berbayar, misalnya di blogger.com, wordpress.com, atau blog dengan domain nama anda sendiri (www.namaanda.com).
3. Mengisi Blog kita dengan tulisan atau artikel. Seperti menulis tentang hobi, bercerita tentang kegiatan sehari-hari, opini, dll. Lebih bagus lagi jika ditulis menggunakan Bahasa Inggris.
4. Mendaftarkan blog kita ke beberapa sumber penghasil uang, misalnya Reviewmu, dll.
5. Merawat Blog.

Menurut para blogger senior, membuat blog itu lebih mudah dari pada merawatnya. Untuk itu pilihlah topik yang spesifik, namun sesuai dengan bidang yang anda kuasai, atau paling tidak yang menjadi hobi anda. Ini untuk mempermudah dalam perawatan, sehingga nanti tidak berhenti di tengah jalan gara-gara tidak tahu mau diisi dengan apa blog tersebut. Untuk menarik pengunjung kita harus mengisi blog kita secara berkala.

Dengan mempunyai blog, anda sudah punya salah satu lahan untuk memulai bisnis online. Kalaupun anda kesulitan membuat blog, kami dapat membantu anda.