Wednesday, May 20, 2009

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Benar di Media Internet

balaibahasabandung.web.idBahasa Indonesia merupakan bahasa nasional kita. Dari lebih seratus bahasa daerah yang ada di Indonesia, Bahasa Indonesialah bahasa pemersatu, sehingga kita dapat mengerti pembicaraan satu sama lain.
Dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dalam hal ini Bahasa Indonesia yang baku, maka kita turut melestarikan budaya bangsa kita.
Di media internet, terutama blog, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat dianjurkan. Jika kita melakukan blog walking (surfing), kita seringkali menemukan penggunaan istilah lokal di dalam blog, mungkin hal ini dimaksudkan untuk membuat tulisan/artikel yang dimuat lebih pantai dan menarik. Kebanyakan orang berpendapat, penggunaan bahasa yang baku di media blog dianggap terlalu serius, dan hal ini bisa menyebabkan pengunjung blog enggan untuk berkomentar. Mungkin ada benarnya. Tapi, sebagaimana kita ketahui bahwa media blog merupakan media worldwide yang dibaca oleh pengunjung dari mana saja, pengunjung dari daerah dan negara mana saja bisa saja menemukan dan membaca blog kita. Penggunaan istilah lokal akan dapat menyebabkan tulisan kita kurang dimengerti oleh pembacanya. Selain itu, dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar, maka tulisan kita dapat diterjemahkan melalui Google Translator ke dalam berbagai bahasa di dunia, sehingga para pengunjung dari belahan dunia manapun bisa mengerti tulisan kita, meskipun kita sendiri tidak mengerti atau tidak bisa menulis artikel dalam Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, sehingga apa yang kita sampaikan lewat tulisan dalam blog kita akan dipahami oleh semua orang. Sayang kan kalau tulisan kita sangat menarik, tapi hanya segelintir orang saja yang memahaminya. Semenarik apapun tulisan kita, jika kurang yang memahaminya, apalah gunanya.

0 comments: