Friday, April 10, 2009

Yakinkah Hasil Pemilu Legislatif 2009 berdasarkan hati nurani rakyat?

Kemarin, 9 April 2009 merupakan Pemilu legislatif di Indonesia. Menurut berita yang saya dengar, ada sekitar 35% rakyat Indonesia yang tidak menggunakan hak pilihnya. Tapi bukan itu yang ingin saya soroti. Ada satu hal yang mengganjal di hati. Apakah hasil pemilu ini nantinya betul-betul merupakan pilihan rakyat sesuai dengan hati nuraninya? Saya pikir, mungkin tidak. Bukan saya berprasangka buruk bahwa akan ada permainan, tapi karena melihat banyaknya calon legislatif yang hendak dipilih, terutama di tingkat kabupaten/kota, menjadikan pemilih (termasuk saya) bingung mencari kandidat sendiri, apalagi mereka (terutama orang tua) yang sudah kurang jelas penglihatannya, maka hanya dua kemungkinan, kalau bukan surat suaranya batal maka kemungkinan besar salah contreng.
Bagaimana menurut anda? Bagaimana kondisi pemilu di tempat anda?

0 comments: